Layanan Konsumen

Edukasi Konsumen

Pengertian Kredit

Kredit adalah bagian integral dari kehidupan modern. Digunakan untuk membeli tiket bioskop, membayar makanan di restoran atau membeli mobil. Cara paling umum untuk menggunakan kredit adalah melalui kartu kredit. Mengetahui cara menggunakan kredit secara bijak adalah sesuatu yang penting untuk mengatur keuangan dan kesehatan finansial Anda.

Memahami Laporan Kredit Anda

Sebuah laporan kredit berisi sejarah pinjaman dan kredit debitur. Jika seorang individu pernah mendapatkan pinjaman dari bank atau lembaga keuangan mikro, atau memiliki fasilitas kredit korporasi untuk bisnis, ada kemungkinan bahwa PT. Kredit Biro Indonesia Jaya memiliki laporan kredit yang terkait dengan nama individu tersebut.

Laporan kredit tersebut mencakup semua rincian pinjaman dan fasilitas kredit yang dimiliki, termasuk sejarah dan performa pembayaran terhadap semua perusahaan yang menyediakan fasilitas pinjaman.

 

Dapatkan Laporan Kredit Anda

Untuk mendapatkan laporan kredit Anda, Anda dapat mengunjungi kantor pusat kami pada jam operasional normal.

Persyaratan:

  • Dokumen identifikasi yang masih berlaku (KTP, Passport, SIM, etc.) untuk proses verifikasi identitas
  • Melengkapi formulir aplikasi yang akan diberikan oleh representatif Kami
  • Surat Kuasa beserta dokumen identifikasi kedua belah pihak, jika Anda mewakilkan orang lain untuk mendapatkan laporan kredit mereka


Harap menghubungi representatif Kami pada 021-5747435-37 jika Anda membutuhkan bantuan lebih lanjut.

Penyelesaian Pengaduan

Beberapa alasan umum mengapa perbedaan dapat terjadi adalah kesalahan yang terjadi pada saat para lembaga keuangan melakukan data entri ke sistem SID, kesalahan teknis dan lain-lainnya. Proses pengaduan kemudian dilakukan untuk mengatasi diskrepansi tersebut. Proses pengaduan dapat diajukan terhadap informasi pribadi, riwayat profil kredit atau informasi kredit yang tidak akurat. KBIJ akan memfasilitasi proses pengaduan jika terdapat ketidaksesuaian informasi dalam laporan kredit Anda dengan menyampaikannya ke anggota masing-masing dan juga ke otoritas.


Bagaimana proses penyelesaian pengaduan bekerja?

  • Kunjungi kantor KBIJ pada jam operasional normal dengan membawa dokumen identitas yang masih berlaku untuk proses verifikasi
  • Dapatkan formulir penanganan pengaduan
  • Lengkapi formulir penanganan pengaduan dan serahkan salinan laporan kredit Anda dengan informasi yang salah telah tandai. Dokumen tambahan untuk mendukung klaim Anda juga harus diberikan untuk mempercepat prosesnya
  • KBIJ kemudian akan melakukan penyelidikan dan meneruskan pengaduan tersebut ke instansi yang terkait dan otoritas untuk melakukan tindakan lebih lanjut
  • KBIJ akan memberitahukan langkah penyelesaian pengaduan Anda paling lambat dalam waktu 20 hari kerja.


Untuk pertanyaan lebih lanjut mengenai proses penyelesaian pengaduan KBIJ, Anda dapat menghubungi kami di 021-3747435-37 or at support@kbij.co.id .