Board of Commissioners

Dr. Ronald T. Andi Kasim, CFA (Ronny)

Komisaris Utama
Selain menjadi Komisaris Utama KBIJ, Ronny juga menjabat sebagai Komisaris Utama di PT Aksata Pratama Teknologi, perusahaan yang bergerak dibidang eKYC yang mendapat ijin sebagai Platform Bersama dari Kementerian Dalam Negeri. Beliau juga menjabat sebagai anggota independen Komite Audit PT Bank CIMB Niaga Tbk. sejak tahun 2020.

Sebelumnya beliau pernah bekerja sebagai Country Director PT Trusting Social Indonesia, perusahaan alternative credit scoring tercatat dan diawasi Otoritas Jasa Keuangan (OJK) serta Direktur di PT Trust Teknologi Finansial, peer-to-peer fintech lending yang mendapatkan izin dari OJK. Ronny ikut mendirikan LPIP pertama di Indonesia, PT Pefindo Biro Kredit dan menjabat sebagai Direktur Utamanya.
 
Sebelum itu beliau menjabat sebagai Direktur Utama PT Pemeringkat Efek Indonesia, perusahaan jasa pemeringkatan di bawah pengawasan OJK Pasar Modal. Ronny juga sempat bekerja lebih dari 10 tahun di beberapa perusahaan di luar negeri seperti Moody's di Singapura, Fermat FZ di Perancis dan UAE, Fiserv Inc. di Amerika Serikat, First National Capital Market di Amerika Serikat, dan First National Bank of Omaha di Amerika Serikat. Beliau sempat menjabat sebagai salah satu pengurus di Asosiasi Fintech Pendanaan Bersama Indonesia (AFPI) dan terlibat dalam pembentukan Fintech Data Centre.
 
Ronny mendapatkan gelar Doktor dari Universitas Gadjah Mada dalam bidang Kepemimpinan dan Inovasi Kebijakan serta menyelesaikan Master dan Bachelor dari Creighton University di Amerika Serikat dalam bidang Finance & Banking. Gelar Chartered Financial Analyst (CFA) didapatkan beliau pada tahun 2006.

Ir. Ronald Waas

Komisaris
Warga Negara Indonesia, lahir di Tanjung Pinang pada tanggal 29 November 1955, berdomisili di Jakarta. Mendapatkan gelar Sarjana Teknik Sipil dari Institut Teknologi Bandung, Bandung pada tahun 1980, dan meraih gelar Master of Internasional dari Program in Economic Policy Management, School of International Affairs, Columbia University, New York, Amerika Serikat pada tahun 1995.
 
Mengawali karir sebagai staf di Bank Indonesia (BI) pada tahun 1981 sebagai staf di bidang logistik sampai dengan tahun 1999 sebagai Kepala Bagian Perencanaan Logistik. Kemudian menjalani karir dalam bidang teknologi informasi sejak tahun 1999 sebagai system analyst sampai dengan Direktur Departemen Teknologi Informasi pada tahun 2004-2007. Pada tahun 2007-2009 menjabat sebagai Direktur Unit Khusus Manajemen Informasi dan pada tahun 2009-2011 sebagai Direktur Direktorat Akunting dan Sistem Pembayaran.
 
Diangkat menjadi Deputi Gubernur pada 29 Desember 2011 dengan masa jabatan 5 tahun (sampai dengan 29 Desember 2016). Beberapa bidang yang menjadi pernah tanggung jawab utama sebagai Deputi Gubernur adalah Kebijakan dan Pengawasan Sistem Pembayaran, Pengelolaan Uang Rupiah, Penyelenggaraan Sistem Pembayaran, Operasional dan Transaksi Pemerintah, Perizinan dan Informasi Perbankan, Financial Inclusion, Teknologi Informasi, dan Kantor-kantor Perwakilan di berbagai daerah.
 
Sebagai Deputi Gubernur, diangkat juga sebagai Anggota Dewan Komisioner ex-officio dari BI pada Lembaga Penjamin Simpanan, pertama kali pada 28 Agustus 2013 untuk masa jabatan sampai 24 September 2015. Kemudian diangkat kembali menjadi Anggota Dewan Komisioner Lembaga Penjamin Simpanan (ex officio dari BI) pada 24 September 2015 sampai dengan tanggal 29 Desember 2016. Sejak tanggal 23 Agustus 2018 sampai dengan saat ini, diangkat sebagai Faculty Member dari BI Institute.
 
Setelah menyelesaikan masa tugasnya di Bank Indonesia, menjabat sebagai komisaris pada beberapa perusahaan, yaitu Komisaris Utama PT Centratama Telekomunikasi Indonesia, sejak 14 Juli 2017 sampai sekarang (juga sebagai Komisaris Independen), Komisaris Utama PT Aplikanusa Lintasarta (sejak 1 Juli 2017 sampai dengan tanggal 21 Januari 2021), President Commissioner PT Advance Intelligence Indonesia (sejak 1 September 2017 sampai sekarang), Komisaris PT Solusi Pasti Indonesia (sejak 12 September 2017 sampai sekarang), Komisaris PT Gojek Indonesia (sejak Oktober 2017 sampai sekarang), Komisaris (Independen) PT Asuransi Bintang, Tbk (sejak 26 Juni 2018 sampai sekarang), Komisaris PT Mastersystems Infotama (sejak bulan Januari 2020 sampai sekarang), dan Komisaris Utama PT Kliring Penjaminan Efek Indonesia (sejak 10 Maret 2020 sampai sekarang)